Halo teman-teman, pada postingan kali ini saya ingin memberikan tips mengatasi lensa kamera yang gerak-gerak sendiri di kamera mirrorless. Terutama bagian yang gerak itu adalah selongsong lensa fokus, sehingga biasanya pengguna kamera merasa terganggu karena berisik, atau mungkin karena getaran lensanya.

Lensa Kamera Canon Mirrorless gerak-gerak sendiri dikarenakan kamera memiliki fitur namanaya AF-C atau Continuous AF, yaitu fitur yang memungkinkan lensa agar tetap mencari fokus secara terus menerus meskipun kita belum menekan tombol shooter kamera.

Lensa Fix di Mirrorless Berisik Gerak Gerak Sendiri

Advertisement

Bagian yang gerak tersebut adalah bagian selongsong/body lensa yang berhubungan langsung dengan optic fokus.

Hal ini wajar, karena secara default/bawaan fitur Continuous AF ini memang selalu aktif, kita bisa menonaktifkan fitur ini secara manual.

Mungkin nanti ada diantara teman-teman yang bilang gini “Saya pake lensa fix Canon EF 50mm F1.8 STM aja terasa gerak-gerak lensanya, kalau lensa kit canon ef-m 15-45 is stm tidak terasa”

Secara teknis kerja lensanya, untuk fix 50mm bagian optic lensa yang mengatur fokus memang ada pada bagian depan lensa, jadi kalau gerak otomatis kita akan melihat dan merasakan, sedangkan lensa kit canon ef-m 15-45 bagian optic fokus ada di dalam body, sebenarnya gerak, tapi karena didalam jadi tidak terasa, istilahnya internal focusing.

Baiklah teman-teman, itulah informasi yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

  ⚡️ Cara Live Streaming Instagram Menggunakan Laptop OBS Studio Pake Kamera

SUBSCRIBE CHANNEL BATAM KAMERA

NB: Subscribe channel Batam Kamera Agar tidak ketinggalan informasi serta tutorial seputar kamera di Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini