Hai teman-teman, pada postingan kali ini saya ingin berbagi informasi tentang alat apa saja yang dibutuhkan apabila kita ingin membuat studio, terutama perlengkapan Lampu Studio.

Banyak diantara teman-teman yang mungkin masih pemula bingung, kalau kita mau beli lampu studio alatnya itu apa saja, apakah bisa datang ke toko langsung bilang “Pak, saya mau beli lampu studio?” lalu apakah kita langsung dapat alatnya dan tinggal pake?? Biar teman-teman lebih memahami alat yang akan dibeli bagian-bagiannya, pada postingan kali ini kita akan jelaskan ya.

Lampu Studio itu merupakan kumpulan berbagai alat yang sudah disambungkan, artinya komponen aksesoris alatnya itu tidak hanya satu, tetapi ada beberapa bagian.

Advertisement

*lampu studio yang dibahas disini adalah lampu studio foto, yang nyala nya itu kilatan ya, jadi bukan yang continues/nyala terus.

Nama-nama Aksesoris Lampu Studio Photo

  • Lamp Studio Godox Mini Master K150, Aksesoris pertama yaitu lampunya, pada gambar yang nanti saya contohkan disini saya menggunakan lampu studio dari godox, yaitu mini master k150.
  • Softbox Godox 50x70cm Universal Mount, Aksesoris pelengkap lampu studionya yang satu ini merupakan bagian yang opsional atau tidak wajib, yaitu softbox. Saya bisa bilang tidak wajib karena softbox bisa diganti dengan aksesoris lain seperti payung studio foto. Softbox adalah sebuah aksesoris yang berfungsi membuat cahaya menjadi lebih soft, karena lampu tidak langsung menembak ke subject, tetapi bagian depan lebih dulu diberikan kain putih, supaya cahaya tidak terlalu keras.
  • Lighstand, aksesoris tiang penyangga untuk meletakkan lampu studio dan juga softbox. Teman-teman bisa memilih yang ukurannya mampu menopang lampu studio ya, karena lighstand memiliki berbagai ukuran.
  • Trigger, aksesoris yang berfungsi untuk menyambungkan lampu studio dengan kamera dengan sistem sinyal, cara kerjanya apabila kamera jepret shutter maka lampu studio akan otomatis menyala. Ada 2 bagian dari trigger : Transmitter(dipasang di kamera), dan Receiver(dipasang di lampu studio)

Nah itu adalah beberapa bagian aksesoris dasar pada sebuah lampu studio, selanjutnya berapa jumlah lampu studio yang ideal untuk foto studio? Tentu tergantung kebutuhan, misalnya object apa yang ingin difoto, ukurannya, konsepnya seperti apa.

Minimal 1 lampu, untuk standar studio foto biasanya 2 lampu, kalau lebih berarti tinggal menyesuaikan dengan konsep foto yang ingin dilakukan.

Berikut ini adalah contoh gambar/skema/aksesoris lampu studio beserta namanya :

Nama Aksesoris Lampu Studio 1 Lampu - Ali Majid Wardana

Selanjutnya apabila kita ingin menggunakan 2 lampu studio maka kita tinggal menambahkan bagian seperti berikut ini :

Nama Aksesoris Lampu Studio 2 Lampu - Ali Majid Wardana

Baiklah teman-teman, itulah informasi yang bisa saya sampaikan terkait pembahasan kita tentang Nama alat-alat lampu foto studio “Aksesoris Apa Saja Untuk Membuat Lampu Studio Foto”, semoga dengan postingan ini teman-teman memiliki gambaran alat apa saja yang harus dibeli sebelum membeli perlengkapan lampu foto studio.

Bonus Video “Tutorial Pasang Payung Flash ke Light Stand – Payung + Flash + Holder Umbrella” youtube : Batam Kamera

  ⚡️ Cara Live Streaming Instagram Menggunakan Laptop OBS Studio Pake Kamera

SUBSCRIBE CHANNEL BATAM KAMERA

NB: Subscribe channel Batam Kamera Agar tidak ketinggalan informasi serta tutorial seputar kamera di Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini