Cara Live Streaming Menggunakan Kamera Mirrorless Pake Capture Card HDMI

0
644

Halo teman-teman, pada postingan kali ini saya ingin memberikan panduan bagaimana caranya jika kita ingin melakukan live streaming menggunakan kamera mirrorless, misalnya live streaming ke facebook ataupun ke youtube.

Perlu teman-teman ketahui, tidak semua kamera itu bisa digunakan untuk live streaming, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi jika kita ingin gunakan kamera tesebut sebagai kamera lvie streaming, atau kamera webcam.

Pada tutorial kali ini kita akan gunakan kamera mirrorless untuk live streaming menggunakan alat tambahan berupa capture card.

Advertisement
Cara Live Streaming Pake Capture Card dan Mirrorless
Tutorial Live Streaming Pake Kamera Mirrorless dengan Capture Card – Youtube.com/batamkamera – Ali Majid Wardana

Fungsi capture card jika digunakan sebagai live streaming pada dasarnya cara kerjanya mengambil output dari hdmi kamera, kemudian ouput hdmi kamera tersebut gambarnya akan di proses di software broadcast seperti OBS Studio, kemudian pada obs studio akan di kirimkan ke server streaming, misal youtube atau facebook.

Syarat kamera mirrorless bisa digunakan untuk live streaming menggunakan capture card hdmi :

  1. Memiliki fitur clean hdmi, yaitu kalau kamera disambungkan ke monitor eksternal layar kamera akan tetap menyala dan output pada monitor eksternal tidak menampilkan overlay menu. Baca penjelasan lengkapnya: Kenapa Harus Clean HDMI Kalau Mau Live Streaming Kamera Pake HDMI Capture Card
  2. Ada port output HDMI, oh iya meskipun ada port hdmi belum tentu bisa juga ya, karena port hdmi output di kamera ada yang fungsinya bisa untuk streaming(live) ada juga yang hanya untuk playback dari galeri

Beberapa tipe kamera yang sudah memiliki fitur clean hdmi :

  • Sony A5100, A6000, A6100, A6300, A6400, A6500, A6600, A7II, A7III, dst…
  • Canon M6 II, M50 II, 90D, 250D
  • Fujifilm XA5, XT100
  • Handycam atau camcorder

Baca : Daftar Tipe Kamera Canon Support Clean HDMI Output

Sebenarnya kalau punya dua syarat diatas, kamera mirrorlessnya sudah bisa kok dipake buat live streaming pake capture card.

Gimana kalau ternyata kameranya nga ada fitur clean hdmi? Ada yang bisa dan ada yang tidak, caranya dengan menggunakan software bawaan pabrik, contohnya canon rata2 seri entrylevel/seri lama kebanyakan belum memiliki fitur clean hdmi, solusinya bisa gunakan software eos webcam camera, modalnya hanya kabel data saja, lebih murah. Cuma hasilnya tidak sebagus kalau kameranya ada fitur clean hdmi.

Live Streaming Kamera Canon Mirrorless atau DSLR Canon, tanpa capture card :

Baca juga : Daftar Kamera Yang Support Canon EOS Webcam Utility – Agustus 2021

Baiklah teman-teman, semoga informasinya bermanfaat

  ⚡️ Budget Membuat Usaha SelfPhoto Studio Pemula - Alat Yang Dibutuhkan dan Konsep Setup Studio

SUBSCRIBE CHANNEL BATAM KAMERA

NB: Subscribe channel Batam Kamera Agar tidak ketinggalan informasi serta tutorial seputar kamera di Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini